Berita

Bhumandala Award 2022: Tata Kelola Data Spasial Berkualitas untuk Indonesia yang Lebih Baik

Oleh Admin Utama

Jakarta, Berita Geospasial - Badan Informasi Geospasial pada tahun 2022 kembali memberikan penghargaan kepada Kementerian/Lembaga dan juga Pemerintah Daerah Provinsi/Kabupaten/Kota yang telah menyelenggarakan simpul jaringan dengan baik, dengan tema Tata Kelola Data Spasial Berkualitas untuk Indonesia yang Lebih Baik.

Pemberian penghargaan ini juga sekaligus memperingati Hari Informasi Geospasial ke-53 yang jatuh pada setiap tanggal 17 Oktober. Penghargaan ini diberikan BIG sebagai bentuk implementasi Perpres 27 Tahun 2014 tentang Jaringan Informasi Geospasial Nasional (JIGN).

Kepala Badan Informasi Geospasial, Muh Aris Marfai mengatakan bahwa Bhumandala Award ini sudah dilakukan sejak tahun 2014 sebagai salah satu model pembinaan simpul jaringan secara nasional sebagai implementasi dari amanat Peraturan Presiden yang dijalankan bersama di tingkat kementerian/lembaga dan pemerintah daerah.

“Bhumandala Award ini bisa dijadikan sebagai alat dalam melaksanakan monitoring dan pembinaan rutin dua tahunan yang dilaksanakan oleh BIG kepada seluruh simpul jaringan nasional dan daerah,” ujar Aris di Jakarta, Jumat (25/11/2022).

“Penganugerahan ini bertujuan untuk memberikan motivasi kepada kita bersama, juga memberikan inspirasi dan memperkuat, serta meningkatkan semangat dalam pengelolaan informasi geospasial dalam upaya membangun pilar-pilar infrastruktur informasi geospasial agar kinerja simpul jaringan dapat lebih optimal dan berkelanjutan di kemudian hari,” tambah Aris.

Kegiatan penilaian kinerja simpul jaringan merupakan hal yang sangat penting. Penilaian kinerja Simpul Jaringan dilakukan dengan melihat pembangunan 5 (lima) elemen Infrastruktur Informasi Geospasial (IIG) yaitu Kebijakan, Kelembagaan, Teknologi, Standar dan Sumberdaya Manusia.

Penghargaan dibagi menjadi lima kategori, yaitu penghargaan tingkat kementerian/lembaga, pemerintah daerah tingkat provinsi, pemerintah daerah tingkat kabupaten, pemerintah daerah tingkat kota, dan kategori tambahan (khusus).

Pada tahun ini, terdapat dua kategori baru, yaitu Bhumandala Penamaan Nama Rupabumi dan Bhumandala Nawasena.

“Penamaan Nama Rupabumi ini sesuai dengan PP No. 2 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Nama Rupabumi, untuk mendorong awareness kita terhadap pentingnya penamaan rupa bumi dalam rangka mendukung melaksanakan perencanaan pembangunan maupun pengambilan kebijakan,” terang Aris.

Berikut penjelasan untuk masing-masing kategori:

  1. Kementerian/Lembaga: Penghargaan diberikan kepada enam K/L yang berhasil menerapkan lima elemen JIGN dalam pengembangan simpul jaringan.
  2. Pemerintah Daerah Tingkat Provinsi: Penghargaan diberikan kepada enam Pemerintah Provinsi yang berhasil menerapkan lima elemen JIGN dalam pengembangan simpul jaringan.
  3. Pemerintah Daerah Tingkat Kabupaten: Penghargaan diberikan kepada enam Pemerintah Kabupaten yang berhasil menerapkan lima elemen JIGN dalam pengembangan simpul jaringan.
  4. Pemerintah Daerah Tingkat Kota: Penghargaan diberikan kepada empat Pemerintah Kota yang berhasil menerapkan lima elemen JIGN dalam pengembangan simpul jaringan.
  5. Kategori Tambahan (Khusus)
  • Bhumandala Penamaan Nama Rupabumi

Kategori yang baru ada di tahun 2022 ini merupakan bentuk pelaksanaan mekanisme evaluasi dan pemantauan sebagaimana diamanatkan dalam PP No. 2 Tahun 2021, sehingga dapat dilihat kesungguhan usaha dari para penyelenggara untuk menyediakan informasi geospasial nama rupabumi yang akurat, mutakhir, dan berkepastian hukum.

  • Bhumandala Nawasena

Satu lagi kategori yang baru ada di tahun 2022, berasal dari Bahasa Sansekerta yang memiliki arti masa depan yang cerah. Penghargaan ini diberikan sebagai apresiasi kepada pemerintah daerah yang telah mengimplementasikan elemen infrastruktur informasi geospasial dengan baik, dan juga telah melakukan pemanfaatan data dan informasi spasial yang dimiliki, dalam proses perencanaan pembangunan. Harapannya, pengembangan simpul jaringan ke depan akan terus dilakukan dan dapat menularkan semangatnya kepada pemerintah daerah lainnya.

  • Bhumandala Kencana Kategori Geoportal Terbaik

Penghargaan diberikan kepada K/L serta Pemerintah Daerah Tingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota yang berhasil mengembangkan Geoportal dengan tampilan menarik, kecepatan tinggi, dan konten data lengkap.

  • Bhumandala Kencana Kategori Pemanfaatan Simpul Jaringan Terbaik

Penghargaan diberikan kepada K/L serta Pemerintah Daerah Tingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota yang berhasil mengoptimalkan peran Geoportalnya dalam mekanisme berbagi pakai data spasial baik dalam lingkungan internal maupun ekternal. Penilaian juga dilakukan berdasarkan konten data serta kelengkapan data lainnya (kelengkapan atribut, metadata, dan kesesuaian dengan Katalog Unsur Geografi Indonesia).

 

Pemenang Simpul Jaringan Terbaik, Geoportal Terbaik, Pemanfaatan Simpul Jaringan Terbaik, dan Penamaan Nama Rupabumi Terbaik adalah sebagai berikut:

Simpul Jaringan Terbaik Tahun 2022

Kategori Kementerian/Lembaga

Peringkat

Kementerian/Lembaga

Bhumandala Kanaka

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP)

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK))

Bhumandala Rajata

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM)

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR

Bhumandala Ariti

Kementerian Perhubungan (Kemenhub)

Badan Restorasi Gambut dan Mangrove (BRGM)

Kategori Provinsi

Peringkat

Provinsi

Bhumandala Kanaka

Provinsi DKI Jakarta

Provinsi Jawa Barat

Provinsi Kalimantan Selatan

Bhumandala Rajata

Provinsi Sumatera Selatan

Provinsi DI Yogyakarta

Bhumandala Ariti

Provinsi Kalimantan Timur

Kategori Kota

Peringkat

Kota

Bhumandala Kanaka

Kota Palembang

Kota Bontang

Bhumandala Rajata

Kota Manado

Kota Payakumbuh

Bhumandala Ariti

Kota Tangerang

Kota Banjarmasin

 

Kategori Kabupaten

Peringkat

Kabupaten

Bhumandala Kanaka

Kabupaten Sleman

Kabupaten Kuburaya

Bhumandala Rajata

Kabupaten Bantul

Bhumandala Ariti

Kabupaten Gunungkidul

 

Kabupaten Musi Banyuasin

 

Kabupaten Tulungagung

 

Bhumandala Kencana Geoportal Terbaik Tahun 2022

No.

Kategori

Simpul Jaringan

1

Kementerian/Lembaga

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP)

2

Provinsi

Provinsi Kalimantan Selatan

3

Kota

Kota Manado

4

Kabupaten

Kabupaten Bantul

Bhumandala Kencana Pemanfaatan Simpul Jaringan Terbaik Tahun 2022

No.

Kategori

Simpul Jaringan

1

Kementerian/Lembaga

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR)

2

Provinsi

Provinsi DKI Jakarta

3

Kota

Kota Bontang

4

Kabupaten

Kabupaten Sleman

Bhumandala Penamaan Nama Rupabumi Tahun 2022

No.

Kategori

Pemenang

1

Kementerian/Lembaga

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR)

2

Provinsi

Provinsi Jawa Barat

3

Kabupaten/Kota

Kabupaten Cianjur

4

Organisasi

Perkumpulan OpenStreetMap Indonesia

5

Individu/Perorangan

Drs. Titi Bachtiar

Bhumandala Nawasena Tahun 2022

No.

Kategori

Simpul Jaringan

1

Provinsi

Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam

Provinsi Lampung

Provinsi Papua

2

Kota

Kota Parepare

Kota Mojokerto

Kota Padangpanjang

3

Kabupaten

Kabupaten Kotabaru

Kabupaten Bangkalan

Kabupaten Berau

Kabupaten Tabalong

Selamat dan apresiasi setinggi–tingginya kepada seluruh kementerian/lembaga, pemerintah daerah, organisasi serta individu atas antusiasme dan semangatnya yang tinggi dalam mewujudkan penyelenggaraan Informasi Geospasial yang mutakhir, handal, dan dapat dipertanggungjawabkan. (SLH)

Berita Lainnya