Berita

Perkuat SDM Kota Payakumbuh, BIG Gelar Bimtek Pengelolaan Data Geospasial

Oleh Admin Utama

Payakumbuh, Berita Geospasial – Data dan Informasi Geospasial (IG) berperan penting dalam implementasi kebijakan pembangunan secara efektif dan efesien. Pemanfaatan data dan informasi geospasial dalam perencanaan pembangunan akan mengoptimalkan sumber daya yang terbatas serta lebih tepat sasaran. Salah satu permasalahan yang dihadapi dalam pengelolaan data dan IG adalah sumber daya manusia (SDM). Saat ini, SDM di bidang IG masih sangat terbatas sehingga pemahaman dan pengaplikasian untuk pembangunan masih sulit untuk diterapkan menyeluruh.

Menindaklanjuti hal tersebut, Badan Informasi Geospasial (BIG) melaksanakan kegiatan bimbingan teknis (Bimtek) pengelolaan data dan informasi geospasial kepada perwakilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Pemerintah Kota Payakumbuh. Bimtek dilaksanakan dalam rangka penguatan kapasitas sumberdaya manusia simpul Jaringan Informasi Geospasial Nasional (JIGN).Diharapkan seluruh OPD berkontribusi dalam perencanaan tersebut dengan memberikan data yang valid melalui simpul jaringan.

“Walikota Payakumbuh berkomitmen membangun simpul jaringan di Kota Payakumbuh dengan hadir langsung di BIG bulan Juni lalu. Bimtek ini merupakan tindak lanjut dari kunjungan tersebut,” ungkap Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Payakumbuh Yasrizal dalam sambutannya di Payakumbuh pada Rabu, 7 September 2022.

Sementara itu, Kepala Pusat Standardisasi dan Kelembagaan IG (PSKIG) Sumaryono mengapresiasi kinerja simpul jaringan Kota Payakumbuh yang sudah menjadi ‘hijau’atau optimal hanya dalam waktu 2 bulan.

“Strategi percepatan pengembangan simpul jaringan adalah penguatan 5 pilar JIGN. Salah satunya adalah SDM. SDM yang baik akan menghasilkan data yang bagus dan berkelanjutan,”jelas Sumaryono.

Tim dari PSKIG dan Pusat Pengelolaan dan Penyebarluasan IG (PPIG) memberikan materi teknis penyusunan data geospasial dan teknis mengunggah data geospasial ke dalam geoportal Kota Payakumbuh. Kegiatan bimtek diikuti oleh seluruh perwakilan OPD yang ditunjuk sebagai tim teknis pengelola data IG di Kota Payakumbuh. (LNR /MN)

Berita Lainnya