Berita

Menuju Pengelolaan Informasi Secara Spasial

Oleh Admin Utama

Gelaran Bhumandala Award 2020 menunjukkan peningkatan kualitas pengelolaan simpul jaringan, baik pada level kementerian, lembaga, pemerintah daerah tingkat provinsi, dan pemerintah daerah tingkat kota/kabupaten. Hal tersebut terlihat dari peningkatan kualitas data dan pemanfaatan simpul jaringan dalam mendukung kerja pemerintahan.

Hal tersebut disampaikan Ketua Dewan Juri Bhumandala Award 2020 Heri Sutanta saat memberikan sambutan pada ajang penganugerahan Bhumandala Award 2020 di Jakarta, 27 November 2020.

Akademisi geospasial dari Universitas Gadjah Mada tersebutmenyampaikan bahwa perkembangan simpul jaringan informasi geospasial nasional berada pada trek yang benar. “Kami melihat ada perkembangan dari pengelolaan informasi spasial menuju pengelolaan informasi secara spasial,” tuturnya.

Pengelolaan informasi secara spasial menunjukkan kekuatan integrasi data untuk membantu peningkatan pelayanan publik. Melalui kreativitas pengampu simpul jaringan, data yang terintegrasi secara spasial dimanfaatkan untuk kebencanaan, tata ruang, hingga pemungutan pajak bumi dan bangunan.

Namun demikian, ia masih melihat adanya celah yang perlu diperbaiki yakni pada ketersediaan metadata informasi geospasial yang lengkap. Selain itu ia berharap ada peningkatan jumlah data yang bisa dimanfaatlan masyarakat secara langsung lewat geoprotal.

Ia pun menyampaikan apresiasi terhadap kinerja staf teknis yang bergulat secara langsung dan intens dengan data-data spasial. “Terima kasih atas kerja keras direktur, kepala bidang, kepala seksi, dan staf teknis yang mendukung pengelolaan simpul jaringan sampai ke tahap ini,” ujarnya. (MAD)

Berita Lainnya